Bentuk Pemerintahan Pusat dan Daerah Perancis

Bentuk Pemerintahan Pusat dan Daerah Perancis - Selamat datang di blog Sejarah Aceh, Info kali ini adalah tentang Bentuk Pemerintahan Pusat dan Daerah Perancis !! Semoga tulisan singkat dengan kategori Tentang Negara di Eropa !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Bentuk Pemerintahan Pusat dan Daerah Perancis ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->




Pemerintah nasional Perancis memiliki tiga cabang, yakni cabang eksekutif yang dipimpin oleh seorang presiden dan seorang perdana menteri, cabang legislatif yang terdiri atas Parlemen dua kamar, dan cabang yudisial, atau sistem pengadilan.
Pemerintah Perancis
Presiden Perancis dipilih rakyat untuk masa jabatan lima tahun, yang harus berusia 18 tahun atau lebih. Presiden hanya dapat menjabat selama dua periode. Presiden menunjuk perdana menteri (juga disebut premier). Perdana menteri memilih menteri lainnya yang membentuk Dewan Menteri.
Presiden Perancis dianggap sebagai kepala negara, dan perdana menteri negara itu adalah kepala pemerintahan. Presiden mengelola urusan luar negeri Perancis dan memiliki peran utama dalam membentuk kebijakan negara. Perdana menteri memimpin kegiatan pemerintahan sehari-hari.
Parlemen Perancis terdiri atas dua rumah, yakni Majelis Nasional dan Senat. Majelis Nasional terdiri atas 577 deputi, yang dipilih oleh rakyat untuk masa jabatan lima tahun, kecuali pemilu diselenggarakan lebih awal. Presiden memiliki kekuasaan untuk membubarkan Majelis Nasional dan menyerukan pemilu baru. Senat memiliki 348 anggota. Senator dipilih untuk masa jabatan enam tahun oleh institusi pemilu regional dan kota.
Majelis Nasional lebih kuat dari Senat. Sebagai contoh, jika dua rumah tidak setuju pada undang-undang yang diusulkan, Majelis Nasional bisa membuat keputusan akhir. Selain itu, Dewan Menteri harus mendapat dukungan dari mayoritas anggota di Majelis Nasional. Tanpa mayoritas seperti itu, para menteri harus mengundurkan diri, dan presiden kemudian akan menunjuk perdana menteri baru.
Pemerintah daerah. Daratan Perancis dan pulau Corsica disebut sebagai wilayah metropolitan Perancis. Perancis juga memiliki sejumlah wilayah di luar negeri. Wilayah milik Perancis yang dihuni adalah Guyana Perancis di Amerika Selatan; Guadeloupe, Martinique, Saint-Barthélemy, dan Saint-Martin, semua di Karibia; Réunion dan Mayotte, keduanya di Samudera Hindia; Kaledonia Baru, Polinesia Prancis, dan Wallis dan Futuna Islands, semua di Samudra Pasifik Selatan; serta Saint-Pierre dan Miquelon di Samudra Atlantik Utara. Semua wilayah ini dianggap bagian dari Perancis. Pnduduk dari wilayah-wilayah ini memilih presiden Perancis dan mengirim wakilnya ke Parlemen Perancis.
Unit dasar dari pemerintah daerah Perancis adalah komune. Metropolitan Perancis memiliki sekitar 36.500 komune yang ukurannya bervariasi, dari kampung kecil sampai kota-kota besar. Seorang walikota dan dewan daerah memerintah masing-masing komune.
Metropolitan Perancis dibagi menjadi 96 departemen. Dewan lokal terpilih mengelola tiap departemen. Selain itu, setiap departemen memiliki komisaris yang ditunjuk oleh pemerintah nasional dan mewakili pemerintah. Setiap departemen merupakan bagian dari salah satu 22 region (daerah) metropolitan Perancis. Setiap region memiliki dewan daerah, yang dipilih oleh rakyat, dan presiden, yang dipilih oleh anggota dewan. Wilayah Corsica memiliki status khusus dengan lebih banyak kemandirian lokal. Perancis juga memiliki 5 departemen luar negeri: Guyana Perancis, Guadeloupe, Martinique, Mayotte, dan Réunion. Masing-masing departemen luar negeri juga merupakan region.


Demikianlah Artikel Bentuk Pemerintahan Pusat dan Daerah Perancis, Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan Bentuk Pemerintahan Pusat dan Daerah Perancis ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi Bentuk Pemerintahan Pusat dan Daerah Perancis ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.