Katedral St. Basil

Katedral St. Basil - Selamat datang di blog Sejarah Aceh, Info kali ini adalah tentang Katedral St. Basil !! Semoga tulisan singkat dengan kategori WISATA SEJARAH EROPA !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Katedral St. Basil ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->




Sobor Vasilija Blazhennogo (Katedral St. Basil) | Собор Василия Блаженного
Katedral St. Basil

Jika Anda melihat suatu bangunan tinggi, khas dengan kubahnya yang berbentuk unik dan menarik, serta berwarna-warni, yang terletak di Lapangan Merah kota Moskwa, maka itulah Sobor Vasiliya Blazhennogo atau lebih dikenal sebagai Katedral St. Basil. Nama lengkap dari katedral ini adalah Sobor Pokrova presvjatoj Bogoroditsy, chto na Rvu (Собор Покрова пресвятой Богородицы, что на Рву). Bentuknya yang unik, merupakan perpaduan arsitektur Eropa dan Asia. Di dalam katedral ini berisikan dekorasi-dekorasi bangunan dengan corak khas Rusia yang unik serta ikon-ikon khas Rusia yang menggambarkan tokoh-tokoh besar dan orang-orang suci mereka.

Bangunan ini dibangun pertama kali pada pertengahan abad ke-16 di bawah pemerintahan Tsar Ivan IV atau lebih dikenal sebagai Ivan Grozny (Ivan yang Dahsyat) serta Makariy (Makarius), Metropolitan Kristen Ortodoks Rusia saat itu. Katedral ini dibuat tak hanya sebagai Gereja Kristen Ortodoks, tapi juga sebagai monumen kemenangan kekaisaran Rusia atas Kekhanan Kazan di Selatan. Katedral St. Basil ini dibangun sekitar lima setengah tahun antara tahun 1555 hingga 1561. Menjadi bangunan tertinggi di Rusia setidaknya sampai tahun 1600 ketika didirikan lagi bangunan yang lebih tinggi bernama Menara Lonceng Ivan yang Agung (Колокольня Ивана Великого).

Pasca Revolusi Bolschevik di Rusia, Katedral ini dikuasai kaum komunis dan dijadikan museum sejarah yang dibuka untuk umum pada 21 mei 1923. Di bawah pemerintahan Uni Soviet katedral ini mendapat perhatian serta perlindungan khusus sebagai bangunan yang sangat sejarah yang masuk dalam kategori warisan sejarah dunia.

Bentuk dekorasinya masih
dipertahankan seperti aslinya


Pada tahun 1990 setelah disintegrasi Uni Soviet, katedral St. Basil dikuasai Federasi Rusia dan penggunaannya selain sebagai museum sejarah juga dijadikan tempat kebaktian bagi penganut Kristen Ortodoks pada setiap datangnya hari-hari besar mereka.

Sejak zaman Soviet hingga Federasi Rusia saat ini, St. Basil sering dijadikan simbolisme kota Moskva atau bahkan Rusia, membuat orang yang melihat gambar atau bahkan siluet St. Basil akan langsung teringat pada Rusia.



Penasaran dengan suasana di dalam katedral St. Basil? Simak saja video di bawah ini :]